RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1. Mendengarkan penjelasan tentang
petunjuk denah.
B.
Kompetensi Dasar
1.1. Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat
Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke
Bumi Perkemahan dengan Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab
( responsibility ) serta Berani ( courage)
§ Siswa dapat Membuat
denah berdasarkan penjelasan yang didengar
§ Siswa dapat Menjawab
pertanyaan sesuai dengan denah
§ Siswa dapat
Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Gambar / Denah
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Membuat denah
berdasarkan penjelasan yang didengar.
§ Menjawab pertanyaan
sesuai dengan denah.
§ Menjelaskan secara
lisan mengenai denah yang dibuat.
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
-
Siswa diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
-
Bertanya jawab seputar denah yang diamati.
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan
guru. secara perhatian ( respect ).
F Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk
arah, siswa diminta menggambar denah sendiri dengan cara Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
Petunjuk Arah ke
Bumi Perkemahan
Ikuti petunjuk untuk mencapai Bumi Perkemahan. SD
YPBK berada di jalan Cip Bes-ut. Keluarlah dari SD YPBK , lalu ambil arah ke
kiri. Susuri pasar sampai mencapai jalan
raya. Lalu, naik mobil 06 A turut di UKI Naik mobil jurusan cibubur turut Di
sebelah kiri Bumi Perkemahan cibubur ada pos polisi.
F
Siswa bertanya kepada
teman di sebelahnya apakah denah buatannya sudah benar!
F
Bertanya jawab tentang
petunjuk arah yang dibacakan guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta menjelaskan secara lisan di depan
kelas tentang denah yang dibuat sendiri.
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
· Membuat gambar / denah
|
Tertulis dan penam-pilan
|
Uraian dan Lembar observasi
|
· Buatlah denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
· Jelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat!
|
§ Gambar denah buatan
sendiri
Aspek
Penilaian
|
Hasil /
Nilai
|
Keterangan
|
1.
Kesesuaian gambar
dengan petunjuk
yang dibacakan.
2.
Tanda penunjuk arah
ke sebuah lokasi Bu-
mi
Perkemahan
|
|
|
§ Penampilan
Penampilan siswa saat menjelaskan petunjuk denah di depan kelas.
Aspek Penilaian
|
Hasil /
Nilai
|
Keterangan
|
1. Kejelasan
ucapan
2. Kewajaran
intonasi
3. Keberanian
|
|
|
H.
Sumber / Alat
§ Buku paket Bina
Bahasa Indonesia 4A
§ Gambar Denah
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Tema : Peristiwa
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah/lambang
korps.
B. Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang
simbol daerah/lambang korps.
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat
Mendengarkan penjelasan tentang lambang Pramuka.
§ Siswa dapat Mencatat
pokok-pokok penjelasan tentang lambang Pramuka.
§ Siswa dapat
Menuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci
§ Siswa dapat
Menjelaskan secara lisan arti lambang Pramuka
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi
§ Lambang
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Mendengarkan
penjelasan tentang lambang Pramuka.
§ Mencatat pokok-pokok
penjelasan.
§ Menuliskan penjelasan
tentang lambang secara terperinci.
§ Menjelaskan kembali
secara lisan tentang arti lambang.
F. Langkah-langkah Pembelajaran:
§ Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
-
Siswa diajak memperhatikan lambang Pramuka (Tunas
Kelapa) yang dipajang di depan kelas.
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa mendengarkan
penjelasan guru tentang lambang Pramuka.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Sambil mendengarkan, siswa
mencatat hal-hal penting penjelasan guru tentang arti lambang Pramuka.
F
Selanjutnya siswa diminta
menjelaskan kembali secara tertulis tentang lambang Pramuka sebagaimana
penjelasan guru.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta menjelaskan
kembali tentang lambang Pramuka secara lisan di depan teman-temannya.
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menjelaskan
secara lisan arti lambang
|
Tertulis, penampilan
|
Uraian dan Lembar observasi
|
·
Tuliskan
penjelasan tentang lambang Pramuka secara terperinci !
· Jelaskan secara lisan arti lambang Pramuka !
|
No.
|
Unsur
Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
4.
|
Ketelitian siswa membuat konsep penjelasan.
Keberanian siswa menjelaskan arti lambang Pramuka
Gaya penyampaian di depan kelas
Kejelasan makna lambang Pramuka yang disampaikannya
|
|
|
H. Sumber / Bahan
§ Buku Bina Bahasa
Indonesia 4A hal. 18.
§ Lambang Pramuka/Tunas
Kelapa
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Waktu : 4 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
2. Berbicara
Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat
B. Kompetensi Dasar
2.1. Mendeskrifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat
yang runtut.
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Mengamati
gambar denah
§ Siswa dapat
Menjelaskan tempat berdasarkan denah
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi Pokok
§ Denah lokasi
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Menjelaskan tempat
sesuai denah secara tertulis
§ Menjelaskan denah
secara lisan.
§ Menjelaskan denah menuju
rumah
F. Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
-
Siswa diajak mengamati denah yang dipajang di
papan tulis. ( Lihat Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 3 )
-
Tanya jawab sekitar denah.
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa berdiskusi kelompok
membicarakan arah yang harus dilalui Sugi jika ingin ke rumah Nugie .
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menuliskan hasil diskusi
kelompok tentang arah perjalanan Sugi menuju rumah Nugie dengan kalimat yang runtut.
|
F
Salah seorang anggota masing-masing kelompok
diminta menjelaskan secara lisan cara menuju rumah Nugie dari rumah Sugi di depan kelompok lain.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta membuat denah perjalanan menuju
rumah masing-masing dari sekolah.
F
Siswa diminta membacakan
denah yang dibuatnya sendiri di depan kelas.
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Mendeskrifsikan
tempat sesuai denah
|
Tertulis dan pe-nampilan
|
Uraian
|
·
Jelaskan
tempat berdasarkan denah!
|
§ Penampilan perwakilan
kelompok menjelaskan secara lisan cara menuju rumah Nugie dari rumah Santi.
Aspek Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1. Kejelasan
ucapan
2. Kewajaran
intonasi
3. Keberanian
|
|
|
§ Penjelasan siswa
tentang denah perjalanannya dari sekolah ke rumahnya.
Aspek Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1. Kejelasan
ucapan
2. Kewajaran
intonasi
3. Keberanian
|
|
|
H. Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa
Indonesia 4A
§ Gambar denah lokasi
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit ( 2 x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2. Berbicara: Mendeskrifsikan secara
lisan petunjuk penggunaan suatu alat.
B.
Kompetensi Dasar
2.2. Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan
benar.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat
Memperagakan percakapan
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan
§ Siswa dapat
Menjelaskan kembali petunjuk penggunaan alat sesuai teks percakapan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi
§ Teks petunjuk
penggunaan
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca petunjuk
penggunaan alat.
§ Menjelaskan petunjuk
penggunaan alat.
§ Mendiskusikan
petunjuk penggunaan alat.
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
:
§ Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
-
Siswa mengamati benda ( Stapler ) yang ditunjukkan
guru dengan cermat.
-
Siswa membentuk kelompok dengan beberapa anggota.
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa membaca petunjuk penggunaan Stapler dalam
Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 19.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Secara individu siswa diminta
menjelaskan secara lisan penggunaan Stapler di depan teman-temannya dengan
kata-kata sendiri.
F Siswa mengamati benda yang
ditunjukkan guru ( Pesawat telepon ) tanpa petunjuk penggunaan
F
Siswa diminta mendiskusikan pembuatan petunjuk penggunaan telepon bersama kelompok masing-masing.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Setiap kelompok
melaporkan hasil diskusinya di depan teman-teman sekelasnya.
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menjelaskan
petunjuk penggunaan alat
|
Tertulis dan penampil-an
|
Uraian
|
·
Jelaskan
petunjuk penggunaan suatu
alat dengan bahasa yang baik dan benar!
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Kerja sama dalam kelompok
Ketelitian urutan pembuatan petunjuk penggunaan
telepon.
Keberanian siswa menyampaikan laporan hasil diskusi.
Gaya penyampaian hasil diskusi.
|
|
Hasil kerja siswa
Penampilan siswa
|
H.
Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa
Indonesia 4A hal. 19 dan 20.
§ Stapler dan Pesawat
telepon.
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV / I
Waktu : 4 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
3. Membaca
Memahami teks
agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam
kamus/ensiklopedi
B.
Kompetensi Dasar
3.1. Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara
membaca sekilas.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca
sekilas teks bacaan yang berjudul ”Pensil Ajaib”
§ Siswa dapat Menjawab
pertanyaan sesuai dengan isi teks.
§ Siswa dapat Menemukan
pikiran pokok bacaan masing-masing paragraf
§ Siswa dapat Membuat
kalimat permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Teks panjang
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca sekilas teks
panjang
§ Menjawab pertanyaan
panjang
§ Menemukan pikiran
pokok teks panjang
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
-
Siswa diminta membaca dalam hati “Senangnya Ikut
Persami” secara teliti minimal 2 kali. (Buku Bina Bahasa Indonesia 4 hal. 4 dan
5)
-
Memperkenankan siswa menanyakan makna kata-kata
yang tidak dimengerti.
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa menjawab pertanyaan
sesuai isi bacaan secara tertulis.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa diminta menemukan pikiran pokok pada setiap
paragraf bacaan yang diberi angka sebagai penanda paragraf.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta melaporkan pikiran pokok yang di temuka
dalam bacaan dengan cara membacakan di
depan kelas atau ditempat duduknya masing-masing.
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menemukan
pikiran pokok teks
|
Tertulis
|
Lembar observasi
|
·
Buatlah kalimat permintaan sesuai contoh yang
terdapat pada teks bacaan!
|
No.
|
Unsur
Penilaian
|
Nilai dengan
Bobot ( 1 – 5 )
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Ketepatan menentukan pikiran pokok paragraf
Keruntutan menyusun kata menjadi kalimat
Ketepatan menggunakan ejaan.
|
|
|
H.
Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa
Indonesia 4A hal. 4 – 5
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 4 x 35
menit (2 x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
3. Membaca
Memahami teks
agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam
kamus/ensiklopedi
B. Kompetensi Dasar
3.2. Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca.
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca
sekilas
§ Siswa dapat Menjawab
pertanyaan
§ Siswa dapat Mencatat
petunjuk dalam bacaan
§ Siswa dapat Melakukan
sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi
§ Teks bacaan berisi
petunjuk pemakaian
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca teks berisi
petunjuk pemakaian.
§ Membuat ringkasan
§ Menjelaskan petunjuk
§ Memperagakan petunjuk
pemakaian sesuatu sesuai teks yang dibaca.
§ Menanggapi penjelasan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal:
Apersepsi dan Motivasi :
-
Siswa membaca teks berisi petunjuk ”Penggunaan
Stiker atau Kertas untuk
-
Mengukur Kotor atau Tidaknya Udara di Rumah”
§ Kegiatan Inti:
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta membuat
ringkasan petunjuk pemakaian.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Secara lisan siswa diminta
menjelaskan cara mengetahui kotor tidaknya udara dengan kata-kata sendiri di
hadapan teman-teman.
F
Siswa diminta memperagakan cara menggunakan kertas stiker atau kertas putih polos untuk mengukur kotor tidaknya
udara.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Selanjutnya siswa diminta
mengajukan pertanyaan secara lisan sesuai dengan pernyataan yang ada.
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Melakukan
sesuatu sesuai petunjuk
|
Proses dan produk
|
Lembar observasi
|
·
Lakukanlah sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Kerja sama dalam kelompok
Keberanian menjelaskan di depan teman
Gaya Penyampaian
Keberanian menerima kritik
|
|
Penampilan siswa mewakili kelompok
|
H. Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa
Indonesia 4A
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / semester : IV / I
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompoetensi
3. Membaca
Memahami teks
agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
B.
Kompoetensi Dasar
3.3. Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedi
melalui membaca memindai.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca
teks yang berjudul ”Kereta Api Dulu
dan Sekarang”
§ Siswa dapat Menjawab
pertanyaan sesuai isi bacaan
§ Siswa dapat
Menjelaskan cara menggunakan kamus
§ Siswa dapat Membuat
daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi
§ Kamus / Ensiklopedi
Anak Nasional.
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca teks
§ Menjawab pertanyaan
bacaan
§ Menggunakan kamus
§ Menemukan makna kata
sukar dalam kamus / ensiklopedi.
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal:
Apersepsi dan Motivasi :
-
Siswa membaca teks ”Kereta Api Dulu dan Sekarang”
-
Tanya jawab seputar teks yang dibaca.
§ Kegiatan Inti:
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta mendengarkan
penjelasan guru tentang cara menggunakan kamus
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta mendaftarkan
kata-kata sulit yang terdapat dalam bacaan yang dicetak miring dalam kelompok
masing-masing.
F
Siswa diminta mencari
arti kata sulit tersebut menggunakan kamus.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Salah seorang siswa perwakilan kelompok diminta
melaporkan hasil kerja kelompok di depan teman-teman sekelas.
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menemukan
makna kata dalam kamus/ensiklopedi
|
Proses dan produk
|
Tertulis dan penampil-an
|
·
Jelaskan
cara menggunakan kamus!
·
Buatlah
daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus!
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
4.
|
Kekompakan dalam kelompok
Ketepatan dalam menggunakan kamus
Ketepatan menggunakan kata sulit dalam kalimat
Keberanian dalam menyampaikan laporan
|
|
|
H.
Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa
Indonesia 4A
§ Kamus dan Ensiklopedi
1.Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan
Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi waktu : 4
x 35 menit
A. Standar /Kompetensi
4. Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat.
B. Kompetensi Dasar
4.1. Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan
penggunaan ejaan ( tanda titik dua dan tanda petik ).
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca
teks percakapan yang berjudul”Calon Ilmuan”
§ Siswa dapat Menjawab
per-tanyaan sesuai isi percakapan
§ Siswa dapat
Melengkapi percakapan rumpang.
§ Siswa dapat Memberi
tanggapan terhadap pokok permasalahan
§ Siswa dapat
Menggunakan tanda titik dua (:) dan tanda titik dalam kalimat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi
§ Percakapan
rumpang.
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca teks cerita.
§ Menjawab pertanyaan
§ Mengubah teks cerita
ke dalam bentuk percakapan.
§ Memperagakan
percakapan sesuai teks yang dibuat.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal:
Apersepsi dan Motivasi :
-
Siswa membaca teks cerita ”Pemain Cadangan” dalam hati.
-
Tanya jawab sekitar cerita “Pemain Cadangan”
§ Kegiatan Inti:
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa secara individu menjawab pertanyaan cerita.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Kegiatan dilanjutkan dengan
mengubah cerita ke dalam bentuk percakapan dengan cara menyalin kalimat yang
diucapkan langsung oleh sang tokoh cerita dan tidak lupa memberi tanda kutip
pada setiap ucapan langsung sang tokoh.
F Kemudian dilanjutkan dengan
memperagakan percakapan yang telah dibuat.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Memberikan Penilaian
setiap penampilan.
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Melengkapi
percakapan rumpang
|
Proses dan produk
|
Tertulis
|
·
Jawablah
pertanyaan sesuai isi percakapan!
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Keruntutan kalimat percakapan
Penggunaan tanda baca
Keruntutan cerita
|
|
|
H. Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa
Indonesia 4A
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit
A. Standar Kompetensi
4. Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat.
B. Kompetensi Dasar
4.2. Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara
membuat sesuatu.
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca
teks berisi petunjuk melakukan suatu percobaan
§ Siswa dapat
Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu sesuai gambar
§ Siswa dapat Menulis
petunjuk melakukan sesuatu
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi
§ Petunjuk melakukan
sesuatu.
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca teks berisi
petunjuk melakukan suatu percobaan.
§ Mengurutkan petunjuk
melakukan sesuatu sesuai gambar.
§ Menulis petunjuk
melakukan sesuatu.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal:
Apersepsi dan Motivasi :
-
Siswa membaca teks berisi petunjuk melakukan
percobaan sambil mengamati gambar-gambarnya.
-
Tanya jawab tentang petunjuk percobaan.
§ Kegiatan Inti:
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Membaca teks berisi petunjuk melakukan
suatu percobaan
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyusun urutan
petunjuk ”Membuat Pelangi” sambil memperhatikan gambarnya.
F
Kegiatan dilanjutkan menulis petunjuk untuk mengembangbiakkan tanaman cocor bebek berdasarkan pengamatan
gambar.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa mempraktikkan pengembangbiakkan tanaman cocor
bebek sesuai petunjuk yang telah dibuat siswa.
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menulis
petunjuk untuk melakukan sesuatu
|
Tertulis
|
Tertulis dan penampil-an
|
·
Tulislah
petunjuk melakukan sesuatu
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
4.
|
Bila urutannya hanya benar 1 diberi skor 2
Bila 2 kalimat yang urutannya benar diberi skor 5
Bila 3 kalimat berurutan diberi skor 8
Bila semua kalimat berurutan diberi skor 10
|
|
Urutan petunjuk melakukan sesuatu yang dibuat siswa
|
H. Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa
Indonesia 4A
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 4 x 35
menit (2 x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
4. Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat
B.
Kompetensi Dasar
4.3. Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan menggunakan kata/kalimat
yang tepat.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca
cerita yang rumpang ”Celengan Beni”
§ Siswa dapat
Melengkapi cerita “Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat.
§ Siswa dapat
Menggunakan tanda titik dan tanda baca lainnya dalam konteks kalimat atau teks
bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi
§ Cerita Rumpang
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca cerita yang
masih rumpang.
§ Melanjutkan/melengkapi
cerita
§ Memahami penggunaan
tanda titik.
§ Menggunakan tanda
titik dan tanda baca lainnya.
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran:
§ Kegiatan Awal:
Apersepsi dan Motivasi :
-
Siswa membaca cerita rumpang ”Celengan Beni”
-
Tanya jawab tentang teks rumpang.
§ Kegiatan Inti:
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Membaca
cerita yang rumpang ”Celengan Beni”
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Kegiatan dilanjutkan dengan
melengkapi teks cerita rumpang tersebut dengan kalimat yang tepat bersama teman
kelompok.
F
Kemudian siswa diminta membacakan kembali teks cerita yang sudah dilengkapi
di depan kelas.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa mengerjakan latihan menggunakan tanda titik
dalam kalimat, terutama pada singkatan nama orang dan sebagainya.
G.
Penilaian:
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Melengkapi
cerita rumpang
|
Tertulis
|
Tertulis dan penampil-an
|
·
Lengkapi-lah
cerita “Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat!
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Kekompakan dalam kelompok.
Kecermatan memilih kalimat untuk melengkapi cerita
rumpang.
Ketepatan menggunakan tanda baca titik, koma, dll.
Keberanian tampil ke depan kelas.
Lafal, intonasi, dan mimik dalam membaca cerita.
|
|
Penampilan dan Cerita lengkap.
|
H.
Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa
Indonesia 4A
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit (2 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4. Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat.
B. Kompetensi Dasar
4.4. Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita
dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf
besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca
contoh surat untuk teman sebaya
§ Siswa dapat
Menggunakan tanda koma untuk memisah-kan kata-kata dalam suatu pemerincian
§ Siswa dapat
Membubuhkan tanda koma dalam kalimat
§ Siswa dapat Menulis
bagian-bagian surat
§ Siswa dapat Menulis surat
untuk teman sebaya tentang pengalaman
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi
§ Contoh surat pribadi
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca contoh surat
untuk teman sebaya.
§ Memahami penggunaan
tanda koma.
§ Membubuhkan tanda
koma.
§ Menulis bagian-bagian
surat.
§ Menulis surat untuk
teman sebaya.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal:
Apersepsi dan Motivasi :
-
Siswa membaca contoh surat pribadi dengan saksama.
§ Kegiatan Inti:
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Membaca contoh surat
untuk teman sebaya
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Kegiatan dilanjutkan dengan
mempelajari penggunaan tanda koma di dalam penulisan surat pribadi.
F
Kemudian Siswa diminta
menuliskan bagian-bagian surat pribadi.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Selanjutnya siswa diminta
menulis surat untuk teman tentang pengalaman yang paling mengesankan dengan
memperhatikan penggunaan tanda baca.
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menulis
surat untuk teman sebaya
|
Tertulis
|
Tertulis dan penampil-an
|
·
Tulislah
surat untuk teman sebaya tentang pengala-man!
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pesan yang ingin disampaikan
Bagian-bagian surat
Penggunaan tanda baca
|
|
|
H. Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa
Indonesia 4A
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :